Selasa, 15 Mei 2012

Faedah Wudhu



.::Faedah Wudhu::.

Neurology Australia membeberkan fakta mengejutkan tentang "Wudhu".

Prof. Leopol Werner von Ehrenfels, psikiater dan sekaligus Neurolog berkebangsaan Australia menemukan sesuatu yang menakjubkan terhadap Wudhu.

Ia mengemukakan sebuah fakta yang sangat mengejutkan : "Bahwa pusat-pusat syaraf yang paling peka dari tubuh manusia ternyata berada di dahi, tangan dan kaki, pusat-pusat syaraf tersebut sangat sensitif terhadap air segar.

Dari sini ia menemukan hikmah dibalik Wudhu yang membasuh syaraf-syaraf tersebut. Ia bahkan merekomendasikan agar wudhu bukan hanya milik kebiasaan umat muslim, tetapi untuk semua umat manusia secara keseluruhan.

Dengan senantiasa membasuh air segar pada pusat-pusat syaraf tersebut, berarti orang itu akan memelihara kesehatan dan keselarasan pusat-pusat syarafnya.

Akhirnya Leopold memeluk agama Islam dan mengganti nama menjadi Baron Omar Rolf Ehrenfels.

Ulama Fiqh juga menjelaskan hikmah wudhu sebagai bagian untuk memelihara kebersihan fisik dan rohani. Daerah yang dibasuh dengan air wudhu, seperti tangan, daerah muka termasuk mulut dan kaki memang paling banyak bersentuhan dengan benda-benda asing termasuk kotoran. Sebab itu, wajar kalau daerah itu yang harus dibasuh.

Ulama Tasawuf menjelaskan bahwa daerah yang dibasuh air wudhu memang daerah yang paling sering bersentuhan dengan dosa. Kita tidak ingat apa yang pernah diraba, dipegang dan dilakukan tangan kita, banyak panca indera tersimpul dibagian muka, berapa banyak orang yang jadi korban setiap hari dari mulut kita, berapa kali berbohong, memaki, dan membicarakan aib orang lain, apa saja yang dimakan dan diminum ? Apa saja yang baru diintip mata ini ? Apa saja yang didengar oleh telinga ini ? Dan apa saja yang baru dicium hidung ini ? Kemana kaki ini melangkah setiap hari ? Tegasnya.

Anggota tubuh yang dibasuh dalam wudhu ialah daerah yang paling riskan untuk melakukan dosa.

Semoga berkenan dan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar