Kamis, 19 April 2012

RAMALAN ZODIAK : 40 HARI SOLAT TIDAK DITERIMA


PERTAMA : Apabila cuma sekadar membaca zodiak atau ramalan bintang, walaupun tidak mempercayai ramalan tersebut atau tidak membenarkannya, maka itu tetap HARAM. Akibat perbuatan ini, SOLATNYA TIDAK DITERIMA selama 40 hari..


Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,


مَنْ أَتَى عَرَّافًا فَسَأَلَهُ عَنْ شَىْءٍ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلاَةٌ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً

“Barangsiapa yang mendatangi tukang ramal, maka solatnya selama 40 hari tidak diterima.” (HR. Muslim no. 2230). Ini akibat dari cuma sekadar membaca.

Maksud tidak diterima solatnya selama 40 hari dijelaskan oleh An Nawawi: “Adapun maksud tidak diterima solatnya adalah orang tersebut tidak mendapatkan pahala. Namun solat yang ia lakukan tetap dianggap dapat menggugurkan kewajiban solatnya dan ia tidak perlu untuk mengulangi solatnya.” (Syarh Muslim, 14: 227)

KEDUA : Apabila sampai membenarkan atau meyakini ramalan tersebut, maka dianggap telah mengkufuri Al Qur’an yang menyatakan hanya di sisi Allah pengetahuan ilmu ghaib..

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


مَنْ أَتَى كَاهِناً أَوْ عَرَّافاً فَصَدَّقَهُ بِمَا يَقُولُ فَقَدْ كَفَرَ بِمَا أُنْزِلَ عَلَى مُحَمَّدٍ

“Barangsiapa yang mendatangi dukun atau tukang ramal, lalu ia membenarkannya, maka ia bererti telah KUFUR pada Al Qur’an yang telah diturunkan pada Muhammad.” (HR. Ahmad no. 9532, hasan)

Namun jika seseorang membaca ramalan tadi untuk membantah dan membongkar kedustaannya, semacam ini termasuk yang diperintahkan bahkan dapat dinilai wajib. (Al Qoulul Mufid ‘ala Kitabit Tauhid, 1: 330)


Syaikh Sholih Alu Syaikh memberi nasihat :

“Kita wajib mengingkari setiap orang yang membaca ramalan bintang semacam itu dan kita nasehati agar jangan ia sampai terjerumus dalam DOSA. Hendaklah kita melarangnya untuk memasukkan MAJALAH-MAJALAH yang berisi ramalan bintang ke dalam rumah kerana ini sama saja memasukkan tukang ramal ke dalam rumah. Perbuatan ini termasuk DOSA BESAR (al kabair) –wal ‘iyadzu billah-..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar